PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KONSEP DIRI GURU DENGAN PERFORMANSI MENGAJAR GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN NEGERI MEDAN

Simanjuntak, Eva Betty (2007) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KONSEP DIRI GURU DENGAN PERFORMANSI MENGAJAR GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045030439 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045030439 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045030439 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045030439 Abstrak.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045030439 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045030439 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045030439 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045030439 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045030439 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045030439 Bab V.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045030439 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045030439 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara: (1) persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dengan performansi mengajar gum (2) konsep diri guru dengan performansi mengajar guru, (3) persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan konsep din guru secara bersama-sama dengan perfonnansi mengajar guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bisnis dan Manajemen Negeri Medan tahun 2005/2006. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru mata diktat produlctif SMK Bisnis dan Manajemen Negeri Medan. Sedangkan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan tztbel nomogram Harry King , dan diperoleh 78 orang. Untuk mengambil sampel digunakan teknik proportional random sampling„ yaitu masing-masing mewakili sekolah. Instrumen yang digunakan adalah: (1) angket untuk memperoleb skor Persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri guru, dan(2) lembar observasi untuk memperoleh skor Performansi Mengajar Guru.Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan teknik analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda.Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Perhtma, terdapat pengaruh positif yang berarti antara persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan perfonnansi mengajar guru (ry.1 = 0,361) dengan persamaan regresi Y 67,3 + 0,158 X1, Koefisien detenninan diperoleh sebesar r2y.1 = 0,130 artinya bahwa 13 % variasi performansi mengajar guru ditentukan oleh variasi skor persepsi terhadap gaya kepernimpinan kepala sekolah, Kedua, terdapat pengaruh positif yang berarti antara konsep diri guru dengan performansi mengajar guru (ry.2 =0,269) dengan persamaan regresi Y = 66,48 + 0,159 X2. Koefisien detenninan diperoleh sebesar r2y.2 = 0,072, artinya bahwa 7,2% variasi performansi mengajar guru ditentukan oleh variasi skor konsep din guru. Ketiga, terdapat pengaruhpositif yang berarti antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, konsep diri secara bersaina-sama dengan performansi mengajar guru dengan persamaan regresi Y = 52, 735 + 0,146.X1 0,137.X2. Koefisien detenninan diperoleh sebesar R2y.123 = 0,223 artinya bahwa 22,3 % variasi perfonnansi mengajar guru oleh variasi skor persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan konsep diri gum.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan 1) persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah termasuk ke dalam kriteria kecenderungan cukup, variabel konsep diri guru berada pada kecenderungan cukup, dan performansi mengajar guru termasuk kriteria kecenderungan cukup 2) terdapat pengaruh positip yang berarti antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan perfonnansi mengajar gum, 3) terdapat pengaruh positip yang berarti antara konsep diri guru dengan perfonnansi mengajar guru, 4) terdapat pengaruh positip yang berarti antara persepsi terhadap gaya kepernimpinan kepala sekolah dan konsep din guru secara bersama dengan Performansi Mengajar Guru dengan dernikian performansi mengajar gum dapat ditingkatkan melalui peningkatan persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan konsep diri guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.006 8 Sim p
Uncontrolled Keywords: Mengajar; Konsep diri; Kepala sekolah; Kepemimpinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 06:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item
View Item