PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 SALAPIAN

Faridah, Ami Nazmi (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 SALAPIAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146171003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146171003 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146171003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146171003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146171003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146171003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146171003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146171003 LIST OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146171003 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146171003 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146171003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146171003 LIST OF ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146171003 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146171003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146171003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146171003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146171003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146171003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (2) perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (3) proses jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran kontektual dan siswa yang memperoleh pembelajraran berbasis masalah, dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salapian dengan sampel penelitian adalah Kelas VII-B yang diberikan perlakukan pembelajaran kontekstual dan kelas VII-C yang diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) angket motivasi belajar metamatika, dan (4) angket respon siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemamuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah. Hal ini terlihat dari hasil uji-F ANAKOVA dengan Fhitung = 82,73 lebih Ftabel = 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran kontekstual yaitu 57,025 lebi besar dari pembelajaran berbasis masalah yaitu 49,502. (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah. Hal ini terlihat dari hasil uji-t dengan thitng = 2,37 lebih besar dari ttabel = 1,67. Selain itu rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa kelas pembelajaran kontekstual 74,63 lebih tinggi disbanding kelas pembelajaran berbasis masalah 70,88. (3) proses jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik dari proses jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis asalah. (4) respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas pembelajaran kontekstual lebih unggul daripada siswa kelas pembelajaran berbasis masalah pada materi Persaaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Far p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah; Motivasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:36
Last Modified: 07 Aug 2017 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25358

Actions (login required)

View Item
View Item