PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP BERAGAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI STABAT

Akrim (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP BERAGAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045020266 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045020266 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045020266 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045020266 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045020266 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045020266 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (967kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045020266 - Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045020266 - Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045020266 - Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045020266 - Bab V.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045020266 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045020266 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan basil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran pemodelan dan strategi pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam antara siswa yang memiliki sikap beragama tinggi dan sikap beragama rendah, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap beragama dalam mempengaruhi basil belajar pendidikan agama Islam siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjtunlah 160 orang yang berasal dari 4 kelas VIII (delapan) SMP Negeri 5 Stabat. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan duster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes sikap beragama untuk membedakan jenis sikap beragama yang dimiliki oleh siswa. Tes basil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 32 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) basil belajar pendidikan agama Islam siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran pemodelan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh Fhit,,,,g = 100,09 > Flaw = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76). (2) siswa yang memiliki sikap beragama tinggi memperoleh hasil belajar pendidikan agama Islam yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap beragama rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 7,40 > Fit = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap beragama dalam mempengaruhi basil belajar pendidikan agama Islam siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 43,10 > Ftthel = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,76).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Akr p
Keywords: Sikap Beragama; Hasil belajar, Pendidikan Agama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 14 Jun 2016 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item
View Item