PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS XI SMK SWASTA BM AL-FATTAH MEDAN T.P 2016/2017

Muliati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS XI SMK SWASTA BM AL-FATTAH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133141073 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133141073 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133141073 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133141073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133141073 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133141073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133141073 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133141073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133141073 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133141073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133141073 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133141073 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133141073 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133141073 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133141073 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133141073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133141073 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133141073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133141073 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133141073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133141073 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133141073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Muliati. NIM. 7133141073. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2016/2017”. Skripsi program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas XI SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Swasta BM Al-Fattah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta BM Al-Fattah Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I dan eksperimen II yang masing-masing populasinya terdiri dari 30 siswa dan diambil penarikan sampel masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telas diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning = 42,83 dan 80,33 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Think Pair Share = 59 dan 83. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar -1,348 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung < ttabel maka hipotesis penelitian ini ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan segnifikan terhadap hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 051
Uncontrolled Keywords: model pembelajarn ctl;model pembelajaran tps;hasil belajar kearsipan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2017 14:54
Last Modified: 28 Jul 2017 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24954

Actions (login required)

View Item
View Item