PENINGKATAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV SD AL-ULUM MEDAN

Chairunnisa (2012) PENINGKATAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV SD AL-ULUM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 055020372 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 055020372 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 2. 055020372 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 055020372 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 3. 055020372 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 055020372 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 4. 055020372 - Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 055020372 - Bab I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 5. 055020372 - Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 055020372 - Bab V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6. 055020372 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 055020372 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV C SD. Al-Ulum Medan melalui media papan flanel.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari enam kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Jumlah parstisipan pada pelaksanaan siklus masing-masing 42 siswa pada tahun ajaran pendidikan 2007/2008. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji beda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan flanel dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan penguasaan kosakata. Tingkatan ini ditunjukkan pada hasil pre-test didapat nilai terendah 23.3% dan nilai tertinggi 86.7%. Setelah diberi tindakan I didapat nilai terendah 23.3% dan nilai tertinggi 96.7% dan setelah diberi tindakan II didapat nilai terendah 66.7% dan nilai tertinggi 100%. Penguasaan kosakata tersebut meliputi kosakata yang berhubungan dengan buah-buahan dan sayuran. Penggunaan media papan flanel pada penelitian tindakan ini, dapat meningkatkan belajar siswa dan menjadi lebih aktif secara emosi dan fisik.Hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media papan flanel.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.304 3 Cha p
Keywords: Media Papan Flanel; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Jun 2016 05:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item
View Item