HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SMK DI KOTA MEDAN

Tarigan, Irene Fransisca L. (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SMK DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 065020407 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
1. 065020407 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 2. 065020407 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
2. 065020407 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 3. 065020407 - Bab I.pdf]
Preview
Text
3. 065020407 - Bab I.pdf - Published Version

Download (890kB) | Preview
[thumbnail of 4. 065020407 - Bab V.pdf]
Preview
Text
4. 065020407 - Bab V.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. 065020407 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
5. 065020407 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja mengajar guru, (2). hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja mengajar guru, (3). hubungan antara motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kinerja mengajar guru. Penelitian dilakukan terhadap guru SMK Negeri di kota Medan, dengan jumlah sampel 60 orang guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan untuk teknik analisis data penelitian digunakan analisis regresi sederhana dan korelasi ganda. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah angket. Uji coba instrument penelitian untuk ketiga instrument adalah menggunakan rumus product moment untuk uji validitas butir dan uji reabilitas instrument penelitian digunakan rumus, alpha cronbach. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) terdapat korelasi positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja mengajar guru dengan koefisient korelasi r,u , = 0,387 dan thhung = 3,196 serta kontribusi atau sumbangan motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru adalah sebesar 14,98 %, (2) terdapat korelasi positif antara komunikasi interpersonal dengankinerja mengajar guru dengan koefisien korelasi = 0,340 dan thug = 2,753serta kontribusi atau sumbangan motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru adalah sebesar 11,56 %, dan (3). terdapat korelasi positif antara motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kinerja mengajar guru dengan koefisien R = 0,463 dan Fhttung = 7,783 serta besarnya kontribusi atau sumbangan motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap kinerja mengajar guru adalah 21,44 %. Kesimpulan ini memberi makna bahwa : (1). semakin tinggi motivasi berprestasi guru, maka semakin tinggi juga kinerja mengajar guru, (2). semakin tinggi dan efektif komunikasi interpersonal guru, maka semakin tinggi kenerja mengajar guru, dan (3). semakin tinggi motivasi berprestasi dan efektif komunikasi interpersonal guru secara bersama-sama maka semakin tinggi pula kinerja mengajar guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.15 Tar h
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Komunikasi; Kinerja Mengajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Jun 2016 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item
View Item