MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A. 2016/2017

Harahap, Lia Amalia (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
01. COVER LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN  LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR GRAFIK LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR GRAFIK LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 09. DAFTAR LAMPIRAN LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
09. DAFTAR LAMPIRAN LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
10. BAB I LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
14. BAB V LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa/i kelas VA SD Negeri 101774 Sampali sebanyak 36 orang siswa dengan jumlah laki-laki 23 orang dan perempuan 13 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan angket.
Pada awal penelitian dilakukan penyebaran angket dengan rata-rata motivasi belajar siswa pada kondisi awal sebesar 46,19% dengan kriteria motivasi rendah. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 65,72% dengan kriteria motivasi sedang dan pada siklus II persentase rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 81,33% dengan kriteria motivasi tinggi. Pada siklus I pertemuan I persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 38,05% dengan kriteria motivasi rendah, pada siklus I pertemuan II persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 55,33% dengan kriteria motivasi sedang, pada siklus II pertemuan I persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 73,11% dengan kriteria motivasi tinggi, dan pada siklus II pertemuan II persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 87,25% dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Hasil observasi pelaksanaan Word Square oleh peneliti yang dilakukan oleh wali kelas VA pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 60% dengan kriteria sedang, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan I 80% dengan kriteria baik, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100% dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi Tokoh-Tokoh Penting Pergerakan Nasional di kelas VA SD Negeri 101774 Sampali T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 167
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Model Pembelajaran, IPS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:30
Last Modified: 15 Jun 2017 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24767

Actions (login required)

View Item
View Item