PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI MENGUASAI ELEKTRONIKA DIGITAL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO

Rosnelli (2012) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI MENGUASAI ELEKTRONIKA DIGITAL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 065020416 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of NIM 065020416 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of NIM 065020416 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of NIM 065020416 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of NIM 065020416 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of NIM 065020416 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of NIM 065020416 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 065020416 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan model pembelajaran interaktif pada pembelajaran kompetensi menguasai elektronika digital program keahlian teknik audio vidio untuk siswa tingkat satu di SMK Negeri 4 Medan, (2) mengimplementasikan model pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran kompetensi menguasai elektronika digital untuk siswa tingkat satu program keahlian teknik audio vidio di SMK Negeri 4 Medan, (3) melihat efektifitas model pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran kompetensi menguasai elektronika digital untuk siswa tingkat satu program keahlian teknik audio vidio di SMK Negeri 4 Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi sarana & prasarana, angket rencana pembelajaran, angket aktualisasi guru, lembar observasi evaluasi proses pembelajaran, dan tes basil belajar. Analisis data penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk evaluasi proses pembelajaran dan analisis kuantitatif untuk melihat prosentase kemajuan hasil belajar siswa yaitu membandingkan pretes dengan postes serta melakukan uji-t untuk melihat signifikasi perbedaan antara data kelompok model pembelajaran interaktif (kelompok eksperimen) dengan kelompok model pembelajaran eksperimen laboratorium (kelompok kontrol). Subjek penelitian adalah 4 prang guru, 36 orang siswa kelas 1AV1, 36 orang siswa 1 AN2, dan 36 orang siswa 1A-V3 SMK Negeri 4 Medan.Hasil penelitian pengembangan menemukan model pembelajaran interaktif dengan tahapan pembelajaran tahap orientasi, tahap belajar mandiri, tahap penanganan individual dan tahap transfer. Implementasi model pembelajaran interaktif di lapangan awalnya tidak berjalan lancar. Hal ini masih wajar karena model pembelajaran interaktif yang dikembangkan masih baru untuk pembelajaran kompetensi menguasai elektronika digital di SMK Negeri 4 Medan. Pada pelaksanaan uji coba utama satu tampak ada kemajuan yang berati. Setelah pelaksanaan uji coba utama tiga kelihatan bahwa setiap tahapan model pembelajaran interaktif dapat diimplementasikan dengan baik. Hasil analisis kualitatif menghasilkan kwalifikasi siswa kelompok normal ada 21 orang siswa, kelompok remedial ada 3 orang siswa dan kelompok kemam_puan tinggi ada 12 orang siswa, prosentase keberhasilan kegiatan belajar mengajar 91,1%. Untuk melihat efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan, dibandingkan kelompok model pembelajaran interaktif (kelompok eksperimen) dengan kelompok model pembelajaran eksperimen laboratoriurn (kelompok kontrol). Rata-rata data kelompok eksperimen adalah 25,94 dan rata-rata data kelompok kontrol adalah 20,36. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata data kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata data kelompok kontrol. Hasil uji-thinmg 4,43, t tabel untuk dk= 70 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,65. Data thitung = 4,43 > ttaba= 1,65 membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Model pembelajaran interaktif efektif untuk pembelajaran kompetensi menguasai elektronika digital untuk siswa tingkat satu program keahlian teknik audio vidio di SMK Negeri 4 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.335 Ros p
Keywords: Model Pembeljaran Interaktif; Kompetensi; Audio Video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jul 2018 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item
View Item