PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN AUTOGRAPH

Simamora, Riris Pesta Uli (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146171073 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146171073 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146171073 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146171073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146171073 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146171073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146171073 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146171073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146171073 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146171073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146171073 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146171073 TABLES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146171073 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146171073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146171073 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146171073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8146171073 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8146171073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146171073 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146171073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan: (1) kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Autograph di SMA Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. (2) kemampuan self-efficacy antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Autograph di SMA Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Proses jawaban siswa dalam penerapan pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Autograph di SMA Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen-1 diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph dan kelas eksperimen-2 diberi perlakuan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis, angket skala self-efficacy siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,89 dan 0,92 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa terhadap matematika. Analisis data dilakukan melalui analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah perbedaan: komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa terhadap matematika yang diajar melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph berbeda dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: Proses jawaban siswa yang diajar melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph berbeda dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sim p
Keywords: Pendekatan matematika realistik; Pembelajaran berbasis masalah; Autograph; Kemampuan komunikasi matematis; Self-efficacy siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 06:56
Last Modified: 04 May 2017 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24502

Actions (login required)

View Item
View Item