PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR HIGIENE DAN SANITASI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN

Alawiyah, Ulfa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR HIGIENE DAN SANITASI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123144038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123144038 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123144038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123144038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123144038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123144038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123144038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123144038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123144038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123144038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123144038 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123144038 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123144038 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123144038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123144038 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123144038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123144038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123144038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123144038 CHAPTER V.docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123144038 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123144038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123144038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecenderungan hasil belajar peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang kecantikan dengan menggunakan model pembelajaran TTW siswa kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin. (2) kecenderungan hasil belajar peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang kecantikan tanpa menggunakan model pembelajaran TTW siswa kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin. (3) sejauh mana pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang kecantikan dengan siswa kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan kecantikan kulit yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas yang tidak diberi perlakuan (kontrol) dan ditinjau dari hasil belajar siswa yang dicapai pada kelas tersebut. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pengajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pengajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang kecantikan tanpa menggunakan model pembelajaran TTW siswa kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin pada kelas eksperimen diperoleh kategori kurang sebesar 90 %.. Kecenderungan hasil belajar peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang kecantikan tanpa menggunakan model pembelajaran TTW siswa kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin diperoleh kategori cukup sebesar 63,33 %. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=27 dan t_tabel=2,00 dengan α=0,05. sehingga 27>2,00 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar hygiene dan sanitasi siswa kelas X program tata kecantikan SMK Negeri 1 Beringin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 RIAS 039
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe think talk write; Hasil belajar hygiene; Sanitasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:58
Last Modified: 20 Apr 2017 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24158

Actions (login required)

View Item
View Item