PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Supardiono, Clara Sagita (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121141002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121141002 COVER.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121141002 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121141002 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121141002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121141002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121141002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121141002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121141002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121141002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4121141002 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4121141002 BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121141002 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121141002 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4121141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4121141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di kelas X-A1 SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam ini bertujuan untuk mengukur peningkatan sikap dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada topik eubacteria dan archaeobacteria di kelas X-A1 SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam. Model pembelajaran penemuan terbimbing merupakan suatu metode pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan kemandirian dalam proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk menunjukkan kemampuan kognitifnya dalam mempelajari pelajaran biologi dan siswa memperolah manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil belajarnya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-A1 SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam. Metode analisis yang digunakan adalah deskripsi prosentase. Data penelitian yang diperoleh adalah data hasil belajar siswa aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 68,75 pada siklus I, 74,75 pada siklus II dan 78,75 pada siklus III. Dan ketuntasan klasikal belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 67,5% pada siklus I, 77,5% pada siklus II dan 87,5% pada siklus III. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar aspek afektif pada siklus I adalah 75%, pada siklus II menjadi 82,5% dan pada siklus III menjadi 92,5%. Pada hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing tersebut dapat diterapkan oleh guru biologi, karena mampu membantu siswa dalam penguasan materi pelajaran biologi dan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki setiap siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar baik ranah afektif maupun ranah kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 040
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran penemuan terbimbing; Strategi pembelajaran; Psikomotorik; Materi pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:07
Last Modified: 10 Apr 2017 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item
View Item