PERANCANGAN VAKSIN VIRUS PAPILLOMA MANUSIA TIPE-16 BERBASIS EPITOP DENGAN BERBANTUKAN IMUNOINFORMATIKA

Taupiqurrohman, Opik and Yusuf, Muhhamad and Nuswantara, Sukma and Subroto, Toto (2016) PERANCANGAN VAKSIN VIRUS PAPILLOMA MANUSIA TIPE-16 BERBASIS EPITOP DENGAN BERBANTUKAN IMUNOINFORMATIKA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview

Abstract

Sampai saat ini vaksinasi dianggap sebagai cara yang efektif dalam mencegah penyakit menular. Semua proses vaksinasi bekerja dengan menampilkan antigen asing terhadap sistem imun agar respon sistem imun bangkit. Bahan aktif vaksin dapat berbentuk patogen utuh (bakteri atau virus) yang dilemahkan, atau komponen patogen yang imunogenik dan telah dimurnikan. Pendekatan konvensional dalam pengembangan vaksin membutuhkan biakan mikroorganisme patogen dan diseksi dengan menggunakan teknik biokimia, imunologi, dan metode mikrobiologi dalam mengidentifikasi komponen penting terhadap sistem imunitas. Metode ini telah berhasil dalam berbagai kasus, namun gagal memberikan solusi bagi banyak patogen yang belum dapat dibuatkan vaksinnya. Dewasa ini, dimungkinkan menggunakan informasi genomik untuk mempelajari perancangan vaksin secara in silico, tanpa perlu membiakan mikroorganisme patogen. Pendekatan yang telah
diberi nama 'vaksinologi terbalik' ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk identifikasi kandidat vaksin dan memberikan solusi baru bagi vaksin-vaksin yang selama ini sulit dikembangkan. Meningkatnya pemahaman mengenai pengenalan antigen pada tingkat molekul, telah berdampak pada pengembangan desain rasional vaksin berbasis peptida atau epitop. Konsep vaksin peptida didasarkan pada identifikasi dan sintesis kimia epitop sel-B dan sel-T yang imunodominan, yang dapat menginduksi respon imun spesifik. Perkembangan yang cepat dari teknik bioinformatika dan aplikasinya dengan sejumlah besar data eksperimen telah melahirkan bidang baru, disebut imunoinformatika. Imunoinformatika adalah cabang dari bioinformatika yang berkaitan dengan analisis in silico serta pemodelan data imunologi dan masalahnya. Kajian ini bertujuan untuk merancang vaksin virus papilloma manusia berbasis epitop berbantukan imunoinformatika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Vaksin; Virus papilloma manusia; Bioinformatika; Imunoinformatika; Epitop
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM270 Immunotherapy. Serotherapy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 08:17
Last Modified: 21 Mar 2017 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23777

Actions (login required)

View Item
View Item