IMPLEMENTASI BAHAN AJAR INOVATIF KIMIA LARUTAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Efendi, Salim and Silaban, Ramlan and Jahro, Iis Siti (2016) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR INOVATIF KIMIA LARUTAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran implementasi bahan ajar kimia larutan yang telah dikembangkan dengan Problem Based Learning berdasarkan kurikulum 2013 berstandar BNSP terhadap tumbuhkembang karakter dan hasil belajar siswa SMA/MA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II SMA Negeri 3 Medan diambil sebanyak 2 (dua) kelompok perlakuan yaitu dengan Bahan ajar kimia larutan hasil pengembangan dan tanpa Bahan ajar kimia larutan hasil pengembangan Teknik analisa data menggunakan uji –t. Hasil yang diperoleh: (1) Terdapat perbedaan dignifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar kimia larutan yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 memberikan hasil belajar yang lebih baik kepada siswa SMA/MA Kelas XI semester II dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. (2) Terdapat perbedaan signifikan perkembangan karakter siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang diajarkan dengan implementasi bahan ajar kimia larutan yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 dapat menumbuhkembangkan karakter siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang lebih baik dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 (3) Terdapat hubungan antara karakter yang terkembang dengan hasil belajar kimia siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan bahan ajar kimia larutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kimia larutan; Kurikulum; Problem based learning; Hasil belajar; Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23757

Actions (login required)

View Item View Item