PENGGUNAAN KOMBINA SI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

MA, Nurwahyuningsih and Dibyantini, Ratu Evina and Christianto, Heru and Verawaty, Mastiur (2016) PENGGUNAAN KOMBINA SI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan kombinasi metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan SEM (Structure Exercise Methode) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan struktur atom. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban. Sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan kombinasi metode STAD dan SEM memberikan hasil belajar yang baik sebesar 85,26 sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode SEM sebesar 78,33. Disamping itu, dari analisis data gain yang telah berdistribusi normal dan homogen bahwa rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimenIsebesar 0,6402 dan kelas eksperimen II sebesar 0,6381 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen Isebesar 64,02 % sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 63,81 %.Sesuai dengan uji hipotesis yakni uji t dua pihak, dengan taraf signifikan 0,025 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 3,53 > ttabel = 1,994, berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan kombinasi metode Student Achievement Division (STAD) dan Structure Exercise Method (SEM) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Structure Exercise Method (SEM).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Struktur atom; Metode pembelajaran; Structure exercise; Student teams achievement division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:13
Last Modified: 22 Mar 2017 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23747

Actions (login required)

View Item
View Item