Search for collections on unimed repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC

Sitorus, Nurhalimah and Dewi, Tiara and Yusuf, Nurmala and Hasibuan, Dina Ananda and Silaban, Ramlan (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan eksperimen sungguhan dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposif yakni kelas eksperimen I (pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash melalui pendekatan scientific) dan kelas eksperimen II (pembelajaran tanpa menggunakan macromedia flash melalui pendekatan scientific). Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I sebesar 82,78 dan rata-rata di kelas eksperimen II yaitu 76,11. Uji hipotesis diperoleh thitung = 4,417 sedangkan ttabel = 1,669 untuk α = 0.05 dan dk = 70. Dengan demikian thitung > ttabel. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Macromedia flash; Pendekatan scientific; Sistem koloid; Media pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:57
Last Modified: 22 Mar 2017 02:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23743

Actions (login required)

View Item
View Item