PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA

Aruan, Dyna Grace Romatua and Silaban, Ramlan (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview

Abstract

Belajar dan mengajar dua konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar melakukan apa yang dikerjakan seorang sebagai penerima pelajaran, dan mengajar dilakukan oleh tenaga pengajar/guru. Guru harus mampu menguasai pokok pembahasan dengan baik akhinya siswa mendapatkan nilai hasil belajar maksimal. Tujuan penelitian: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia. (2) perbedaan nilai karakter kreativitas dan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan multimedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas masing-masing kelas terdiri dari 41 siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T berpasangan dan uji Regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai p = 0,02 (p < 0,05). (2) t erdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia kreativitas belajar siswa adalah 98,97. Terdapat kontribusi variabel kreativitas dengan hasil belajar nilai R kelas X1,X2,X3 adalah 70,56%, 44%, 10%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Strategi pembelajaran; Multimedia; Karakter; Kreativitas; Media berbasis komputer; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item View Item