PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN THINK PAIR SHARE (TPS)

Lubis, Nurhayati (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN THINK PAIR SHARE (TPS). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146171064 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146171064 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146171064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146171064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146171064 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146171064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146171064 KATA PENGANTAR tesis.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146171064 KATA PENGANTAR tesis.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146171064 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146171064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146171064 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146171064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146171064 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146171064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146171064 BAB I .pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146171064 BAB I .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8146171064 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8146171064 BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146171064 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146171064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Share (TPS), (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen, dengan populasi siswa pada SMP Sabilina Tembung. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes Kemampuan Awal Matematika siswa, (2) Tes Kemampuan Pemahaman Konsep, (3) Tes Komunikasi Matematis. Data penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis dengan analisis varians (Anava). Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LAS dan instrumen penelitian. Tes yang digunakan berbentuk uraian yang berhubungan dengan materi persamaan linier satu variabel dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang diberi model pembelajaran STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Share (TPS), hal ini terlihat dari hasil anava untuk Fhitung = 193,473 lebih besar daripada Ftabel = 4,020, (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Share (TPS), hal ini terlihat dari hasil anava untuk Fhitung = 117,312 lebih besar daripada Ftabel = 4,020, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, hal ini juga dapat dilihat dari hasil anava untuk Fhitung = 3,720 lebih besar daripada Ftabel = 3,168. Dengan kontribusi model pembelajaran STAD lebih besar daripada KAM yaitu 76,2 %, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, hal ini juga dapat dilihat dari hasil anava untuk Fhitung = 4,344 lebih besar daripada Ftabel = 3,168. Dengan kontribusi model pembelajaran STAD lebih besar daripada KAM yaitu 65,9 %

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Lub p
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran STAD; Model pembelajaran think pair share (TPS); Kemampuan pemahaman konsep matematika; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:30
Last Modified: 14 Mar 2017 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23697

Actions (login required)

View Item
View Item