PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017

Sinaga, Rio Chapwell (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123121060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123121060 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123121060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123121060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123121060 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123121060 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123121060 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123121060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123121060 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123121060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123121060 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123121060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123121060 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123121060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123121060 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123121060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123121060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123121060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123121060 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123121060 BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123121060 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123121060 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123121060 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123121060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XII-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pengujian data pretest dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini dilakukan observasi aktivitas siswa, dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III dengan kategori aktif. Dari hasil pengujian t terhadap nilai postest dari kedua kelas terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 046
Keywords: Kooperatif tipe group investigation; Pembelajaran konvensional; Aktivitas belajar siswa; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Mar 2017 09:03
Last Modified: 03 Mar 2017 09:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item
View Item