KONTRIBUSI PENGUASAAN DASAR AUTOCAD DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BAGUNAN SMK NEGERI 2 KARANG BARU ACEH TAMIANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Hasibuan, M. Ramadan (2017) KONTRIBUSI PENGUASAAN DASAR AUTOCAD DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BAGUNAN SMK NEGERI 2 KARANG BARU ACEH TAMIANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.-NIM.-5112111005.- COVER.pdf]
Preview
Text
1.-NIM.-5112111005.- COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2.-NIM.-5112111005.- APPROVAL-SHEET BELUM DISCAN.pdf]
Preview
Text
2.-NIM.-5112111005.- APPROVAL-SHEET BELUM DISCAN.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 3.-NIM.-5112111005.- ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.-NIM.-5112111005.- ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4.-NIM.-5112111005.- PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.-NIM.-5112111005.- PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5.-NIM.-5112111005.- TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.-NIM.-5112111005.- TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 6.-NIM.-5112111005.- TABLE.pdf]
Preview
Text
6.-NIM.-5112111005.- TABLE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7.-NIM.-5112111005.- ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.-NIM.-5112111005.- ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8.-NIM.-5112111005.- APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.-NIM.-5112111005.- APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9.-NIM.-5112111005.- CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.-NIM.-5112111005.- CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of 13.-NIM.-5112111005.- CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.-NIM.-5112111005.- CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14.-NIM.-5112111005.- BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.-NIM.-5112111005.- BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Kontribusi yang positif dan berarti antara Penguasaan Dasar AutoCAD Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik, 2) Adanya Kontribusi yang positif dan berarti antara Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik, 3) Adanya Kontribusi yang positif dan berarti antara Pengusaan Dasar AutoCAD dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Karang Baru Tahun Ajaran 2016/2017. Data penelitian variabel Penguasaan Dasar AutoCAD (X1) dijaring dengan
menggunakan format penilaian sesuai dengan yang digunakan sekolah, dan Minat Belajar (X2) dijaring dengan mengunakan angket, sedangkan Hasil Belajar Menggambar Teknik (Y) dijaring dengan dokumentasi nilai dari sekolah. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas. Hasil uji coba soal angket Minat Belajar diperoleh 25 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diuji cobakan, koefisien reliabilitas = 0,902 termasuk kategori sangat tinggi.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Kontribusi yang positif dan berarti antara Penguasaan Dasar AutoCAD Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik rx1y = 0,414 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,408 > ttabel = 1,701 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,582 > rtabel = 0,361 dan thitung = 3,72 > ttabel = 1,699, dengan sumbangan efektis sebesar 22,315%. 2) Terdapat Kontribusi yang positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik dengan besar korelasi rx2y = 0,432 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,536 > ttabel = 1,701 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,53 > rtabel = 0,361 dan thitung = 3,822 > ttabel = 1,699, dengan sumbanan efektif sebesar 23,925%. 3) Terdapat Kontribusi yang positif dan berarti antara Pengusaan Dasar AutoCAD dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,680 > rtabel = 0,361 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 11,612 > Ftabel = 3,354, dengan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 46,240%. Dengan demikian Penguasaan Dasar Autocad dan Minat Belajar mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BAN 013
Keywords: Penguasaan dasar autocad; Minat belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:42
Last Modified: 01 Mar 2017 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23418

Actions (login required)

View Item
View Item