UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL – AZHAR MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Melani, Leni (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL – AZHAR MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 6123311047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 6123311047 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 6123311047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6123311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 6123311047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 6123311047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 6123311047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6123311047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 6123311047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 6123311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 6123311047 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 6123311047 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 6123311047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 6123311047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 6123311047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 6123311047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 6123311047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 6123311047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 6123311047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 6123311047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 6123311047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 6123311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
passing bawah bola voli dengan menggunakan media audio visual pada siswa
kelas VIII SMP Swasta Al-Azhar Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil data
awal (pretest) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam
melakukan passing bawah masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar
siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang
dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data
dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan
persentase ketuntasan belajar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Azhar
Medan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan
bahwa hasil belajar passing bawahyaitu 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas
dalam belajarnya, dan 17 orang (56,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya.
Hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada siklus I memiliki ratarata
(66,64). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawahyaitu
26 orang (86,66%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 4 orang (13,33%)
siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan pada
siklus II memiliki rata-rata (80,70%).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio
visual dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap
hasil belajar passing bawah bola voli belajar pada siswa kelas VIII SMP Swasta
Al-Azhar Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 027
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:29
Last Modified: 24 Feb 2017 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23208

Actions (login required)

View Item
View Item