EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT DALAM MENULIS KARANGAN BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009.

Saragih, Arma Ulinawati (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT DALAM MENULIS KARANGAN BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 2.Persetujuan Skripsi untuk Sidang.pdf]
Preview
Text
2.Persetujuan Skripsi untuk Sidang.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 3.PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3.PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran
Critical Incident efektif digunakan dalam menulis karangan berdasarkan hasil
pengamatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok tahun pembelajaran
2008/2009. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 214 orang. Dari
populasi, ditetapkan sampel secara acak sebanyak 55 orang dan dibagi menjadi dua
kelompok. Pertama, kelompok strategi pembelajaran Critical Incident, kedua,
kelompok strategi pembelajaran inkuiri.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes
kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan yang diujikan setelah
masing-masing kelompok mengikuti strategi pembelajaran Critical Incident dan
inkuiri. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel X dan
variabel Y diperbandingkan satu sama lain. Analisis pebandingan yang digunakan
adalah statistik “t”.
Dari hasil perbandingan kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil
pengamatan melalui strategi pembelajaran Critical Incident dengan strategi
pembelajaran inkuiri, diperoleh thitung > ttabel (6,18 > 2,01), jadi strategi pembelajaran
critical incident lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan
berdasarkan hasil pengamatan dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.
Skor antara variabel X dan variabel Y juga berbeda (lebih besar variabel X).
Ini berarti kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan melalui
strategi pembelajaran critical incident lebih baik dibandingkan dengan strategi
pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, strategi pembelajaran critical incident lebih
baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan
dibandingan dengan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2009 IND
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran,Wisata Alam,Karangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Feb 2017 08:37
Last Modified: 02 Feb 2017 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22868

Actions (login required)

View Item
View Item