PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS TEKS KEARIFAN LOKAL DI SMA

Syahputra, Ridwan (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS TEKS KEARIFAN LOKAL DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146191019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146191019 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146191019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146191019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146191019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146191019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146191019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146191019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146191019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146191019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146191019 LIST OF ISTILAH.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146191019 LIST OF ISTILAH.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146191019 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146191019 TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146191019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146191019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146191019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146191019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8146191019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 8146191019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146191019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146191019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 8146191019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 8146191019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal, (2) mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap bahan ajar menluis teks eksposiis yang dikembangkan pada siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan, dan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal pada siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Swasta YPK Medan pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa untuk kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 89,71 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 91,35% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 92,50% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 86,76% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,17% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,79% dengan kriteria sangat baik, dan (6) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 84,29% dengan kriteria sangat baik. Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 70 orang siswa yang terdiri dari 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal yang dikembangkan dan 35 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks yang sebagaimana berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal yang dikembangkan sebesar 74,63% lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 69,34%. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksposisi yang dikembangkan lebih efektif daripada buku bahasa Indonesia pegangan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 411.707 12 Sya p
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Teks eksposisi; Kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:45
Last Modified: 01 Feb 2017 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22858

Actions (login required)

View Item
View Item