DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN PROSES-PROSES MESIN KONVERSI ENERGI DI SMK PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

Pasaribu, Ivan Daniel (2015) DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN PROSES-PROSES MESIN KONVERSI ENERGI DI SMK PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 3. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 5. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 8. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 BAB  I.pdf]
Preview
Text
9. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 13. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. IVAN DANIEL PASARIBU NIM.5103131024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi akan selalu membuat dan menghasilkan
hal-hal baru yang dapat mengembangkan dan menambah bahkan menciptakan hal
baru yang lebih canggih dan terbarukan. Terkhusus dalam bidang teknologi,
perkembangannya sangat diharapkan dapat membantu segala kegiatan manusia
untuk mempermudah didalam pekerjaan dan aktivitasnya sehari-hari. Media
Pembelajaran menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran yang dapat
menarik perhatian dan minat belajar peserta didik. Pembelajaran proses-proses
mesin konversi energi cukup sulit untuk dipahami para peserta didik dikarenakan
minimnya peralatan praktik disekolah untuk memahamkan pembelajaran itu.
Sehingga pemilihan media yang tepat untuk diberikan kepada peserta didik
merupakan salah satu tugas dan peranan guru. Sehingga guru diharapkan mampu
mempergunakan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui desain multimedia interaktif sebagai media
dan sumber belajar mandiri pada mata pelajaran Proses-proses mesin konversi
energi pada kompetensi menjelaskan konsep motor listrik dan menguji kelayakan
multimedia interaktif sebagai media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk
CD Interaktif.
Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode
penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji
kelayakan produk. Dalam pembuatan media pembelajaran yang dikemas dalam
bentuk CD Interaktif ini menggunakan model desain pengembangan ADDIE
(Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan Mesin SMK
Negeri 13 Sei Seruwai Belawan yang berjumlah 31 orang. Pengujian terhadap
multimedia interktif oleh ahli materi, ahli media dan siswa mendapat skor ratarata
sebesar 4.59. Skor rata-rata yang diperoleh kemudian ditransformasi ke
dalam table kelayakan courseware. Skor rata-rata terhadap CD interaktif media
pembelajaran sebesar 4.59 termasuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk
dijadikan media pembelajaran untuk menjelaskan konsep motor listrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 026
Keywords: Media Pembelajaran, ADDIE model, Konsep Motor Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:27
Last Modified: 16 Jan 2017 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22643

Actions (login required)

View Item
View Item