PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKHNIK ELEKTRO SMK NEGERI 1 MANDAU T.P 2013/2014

Haryoga, Yusri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKHNIK ELEKTRO SMK NEGERI 1 MANDAU T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 508331040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 508331040 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 508331040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 508331040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 508331040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 508331040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 508331040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 508331040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 508331040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 508331040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 508331040 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 508331040 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 508331040 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 508331040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 508331040 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 508331040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 508331040 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 508331040 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 508331040 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 508331040 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 508331040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 508331040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Model Pemebelajaran Stad pada mata diklat Penggunaan alat ukur listrik di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Elektro SMK Negeri 1 Mandau. Jumlah siswa kelas X Teknik Elektro sebanyak 25 orang. Penelitian dilakukan pada tanggal 11 Juli sampai dengan 20 Agustus 2013 di SMK Negeri 1 Mandau.
Pada saat pre test dari 25 orang siswa kelas X TE yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Dari Hasil Belajar Tes Awal, Siklus 1, Siklus 2 pada kelas X Teknik elektro dapat dilihat rincian dimulai dari Pertama hasil pretest mendapatkan rata-rata 62,4 Standar Deviasi 11,60, siswa tuntas 9 orang 27,27% dan siswa tidak tuntas 16 orang 72,72 %, Kedua hasil postest 1 mendapatkan rata-rata 60,15, Standar Deviasi 10,26, siswa tuntas 24 orang 27,27% dan siswa tidak tuntas 1 orang 72,72 %, dan Ketiga hasil postest 2 mendapatkan rata-rata 72,42, Standar Deviasi 11,80 siswa tuntas 24 orang 72,72 % dan siswa tidak tuntas 1 orang 27,27%.
Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievenment Devision Terhadap Hasil Belajar Pengunaan Alat Ukur Listrik (PAUL) Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian disarankan kepada pihak sekolah agar menggunakan Model Kooperatif tipe stad sebagai media pembelajaran khususnya untuk meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 021
Keywords: Model Kooperatif Tipe Stad, Hasil Belajar, KKM.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:45
Last Modified: 16 Jan 2017 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22630

Actions (login required)

View Item
View Item