PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN

Siantar, Hendro E. L. (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. BAB I.pdf]
Preview
Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB V.pdf]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran
berbasis Adobe Flash lebih efektif terhadap pembelajaran instalasi motor listrik. Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK
Negeri I Percut Sei Tuan Medan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI
jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 30.
Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran
Instalasi Motor Listrik yang dikemas dalam bentuk cd interaktif dilakukan dengan
menggunakan model desain pengembangan ADDIE
(Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation). Berdasarkan analisis yang
dilakukan terhadap ahli media melalui instrumen berupa angket dengan komponen penilaian
adalah sebesar 93,68%. Terhadap review ahli materi maka analisis hasil yang diperoleh pada
saat uji coba adalah sebesar 88,421% dan jika dikonversikan pada tabel konversi berada pada
kualifikasi sangat baik. Sesuai dengan syarat kelayakan media,maka media yang
dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 028
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Penggunaan Software, Pengembangan Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:54
Last Modified: 16 Jan 2017 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item
View Item