PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KOMPETENSI DASAR METODE MEMASAK SISWA SMK PANCA BUDI 2 MEDAN

Lumbanbatu, Gloria Adventine (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KOMPETENSI DASAR METODE MEMASAK SISWA SMK PANCA BUDI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER SKRIPSI GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABTSRAK GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
3. ABTSRAK GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR  ISI GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR  TABEL GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR  LAMPIRAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I PENDAHULUAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
9. BAB I PENDAHULUAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA GLORIA ADVENTINE LUMBANBATU NIM 5103142018.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar metode memasak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) untuk mengetahui hasil belajar metode memasak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikelas XI SMK Panca Budi 2 Medan, (3) untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara tipe Jigsaw dengan tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Panca Budi 2 Medan dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 60 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas XII Administrasi Perkantoran disebut kelas kelompok I sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) dan kelas XII Akuntansi disebut kelas kelompok II sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian.
Diketahui bahwa hasil belajar metode memasak pada kelas XI SMK Panca Budi 2 Medan berkategori Tinggi dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kelompok I sebesar 79,2 dengan nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 73 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kelompok II adalah sebesar 84 dengan nilai tertinggi adalah 93 dan nilai terendah adalah 77. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α = 0,05, yaitu (3,221 > 1,58), yang berarti dalam penelitian hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tata boga materi metode memasak di kelas XII SMK Panca Budi 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 BOGA 007
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Tipe STAD, _ Metode Memasak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Dec 2016 08:11
Last Modified: 30 Dec 2016 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item
View Item