DODING ILAH BOLON DALAM MARSOMBUH SIHOL DI KECAMATAN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN STUDI TERHADAP EKSISTENSI FUNGSI DAN MAKNA

Sinaga, Eprida Yanci (2015) DODING ILAH BOLON DALAM MARSOMBUH SIHOL DI KECAMATAN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN STUDI TERHADAP EKSISTENSI FUNGSI DAN MAKNA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB I.pdf]
Preview
Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of 11. BAB V.pdf]
Preview
Text
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Eksistensi Fungsi Dan Makna Doding Ilah Bolon dalam Marsombuh Sihol Di Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun.
Teori-teori yang digunakan dalam penuangan hasil penelitian serta teori pendukung yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori makna, teori fungsi, dan teori semiotika.
Waktu penelitian yang digunakan untuk membahas tentang Doding Ilah Bolon dalam Marsombuh Sihol Di Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun dilakukan selama 1 bulan, yaitu pada bulan Februari sampai Maret 2015. Tempat penelitian adalah Desa Pematang Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun. Populasi pada penelitian ini adalah 1 orang lurah Kecamatan Raya, 1 orang seniman, 18 orang penduduk Desa Pematang Raya. sampel dalam penelitian ini adalah bagian dari populasi, yaitu 1 orang Lurah Kecamatan Raya, 1 orang seniman, dan 18 orang yang mengenal Doding Ilah Bolon. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi kepustakaan, angket, dan dokumentasi, yang kemudian di analisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian Doding Ilah Bolon sudah ada sejak tahun 1950. Dalam eksitensinya Doding Ilah Bolon merupakan lagu etnik yang diwariskan dari para leluhur masyarakat Simalungun kepada generasinya turun-temurun. Dahulu hanya dipakai saat acara pesta Rondang Bittang namun sekarang dapat dipakai dalam setiap acara maupun kegiatan Budaya Simalungun. Terdapat 6 Fungsi pada Doding Ilah Bolon dalam Marsombuh sihol (1) sebagai kenikmatan estetika, (2) fungsi hiburan, (3) fungsi komunikasi, (4) fungsi simbolis, (5) fungsi respon fisik dan (6) fungsi kontribusi terhadap keberlangsungan stabilitas budaya, sedangkan Makna sebagai penggunaan tanda yang didalamnya terdapat nada, ritme dan irama, serta penyampaian suatu pesan. Dalam makna dan pesan itu melibatkan semua bentuk perlakuan dan konteks kewujudannya baik dalam bahasa ataupun perbuatan. Doding Ilah Bolon mencakup 2 aspek yaitu : (1) dari sudut pandang individu, (2) sudut pandang secara kolektif. Isi pesan dan penyampaian adalah melalui syair Doding Ilah Bolon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MSK 015
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Fungsi Dan Makna Doding Ilah Bolon
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:19
Last Modified: 27 Dec 2016 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item
View Item