PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANMAKE AMATCH (MAM) DENGAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA PERGURUAN SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Nasution, Hikmah Hayati (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANMAKE AMATCH (MAM) DENGAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA PERGURUAN SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.  4101141011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4101141011 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.  4101141011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4101141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.  4101141011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4101141011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  4101141011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4101141011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  4101141011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4101141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.  4101141011 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4101141011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  4101141011 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4101141011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.  4101141011 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4101141011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.  4101141011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4101141011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.  4101141011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4101141011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  4101141011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4101141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Make A Match (MAM) dengan Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) pada sub Materi Pencemaran
Lingkungan di Kelas X IPA Perguruan SMA AL-Hidayah Medan Tahun
Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X IPA Semester 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa
seluruhnya adalah 86. Sedangkan sampel diambil secara classring sampling
sebanyak dua kelas yaitu X IPA 2 sebagai kelas Make A Match (MAM) dan X
IPA 3 sebagai kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
masing-masing berjumlah 28 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 56 orang dan jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Dari
hasil analisis data diperoleh nilai rata - rata hasil belajar siswa pada kelas Make A
Match (MAM) sebesar 87,14 dengan Standar Deviasi 5,79, sedangkan pada kelas
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebesar 79,10 dengan
Standar Deviasi 5,38 sehingga diketahui nilai rata-rata postes kelas Make A Match
(MAM) dibandingkan kelas Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC). Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan = 0.05, dimana
(3,64 2,006) yang berarti dalam penelitian ini ditolak dan
diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan
secara statistik dimana kelas Make A Match (MAM) lebih baik hasil belajarnya
daripada kelas yang menggunakan Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X IPA
Perguruan SMA AL-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 BIO 007
Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, materi Pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:49
Last Modified: 20 Dec 2016 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item
View Item