PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN PROGRAM FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA SMP

Sinurat, Mualdin and Syahputra, Edi and Rajagukguk, Waminton (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN PROGRAM FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA SMP. Jurnal Tabularasa, 12 (02). ISSN 1693-7732

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan program Flash yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menerapkan strategi student active learning, (2) mengetahui tingkat validitas media pembelajaran matematika dengan program Flash yang menerapkan strategi student active learning dan (3) mengetahui keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran matematika materi Transformasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Putri Cahaya Medan sebanyak 42 orang dan objek penelitian ini adalah untuk kualitas media pembelajaran dari segi validitas, kepraktisan dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, lembar observasi aktivitas siswa, angket respons siswa serta tes kemampuan komunikasi matematik. Hasil penilaian para ahli terhadap media diperoleh bahwa persentase rata-rata penilaian ahli materi terhadap kualitas media adalah 96,12% kategori “sangat baik” dengan tingkat validitas 0,8156, ahli media (ahli desain dan perangkat lunak) 94,79% dengan tingkat validitas 0,7332 serta hasil ujicoba kelompok kecil 97,31% dengan tingkat validitas 0,72002 yang menyatakan bahwa media memadai dan layak digunakan. Dari hasil ujicoba lapangan diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 88,10% dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dalam kategori “tinggi” yang ditunjukkan oleh N-gain = 0,785, respon positif siswa terhadap media “sangat baik” dengan persentase 81,72% serta persentase kadar aktivitas siswa pada proses pembelajaran adalah memenuhi waktu ideal.
Berdasarkan data tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa: media pembelajaran matematika berbantuan program flash dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan kualitas media adalah baik yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning media; Flash program; Mathematical communication
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Dec 2016 10:35
Last Modified: 16 Dec 2016 10:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item
View Item