PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TENTANG CUT NYAK DIN SEBAGAI PEJUANG WANITA

Jumanisa,, Desi (2015) PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TENTANG CUT NYAK DIN SEBAGAI PEJUANG WANITA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 nim3113121021.pdf]
Preview
Text
1 nim3113121021.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. nim.3113121021.lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. nim.3113121021.lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 3 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
3 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
4 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
5 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 6 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
6 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
7 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
8 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
9 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 13 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
13 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 14 nim 3113121021.pdf]
Preview
Text
14 nim 3113121021.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui persepsi Mahasiswa tentang Cut Nyak Din
sebagai Pejuang Wanita di Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian ini menggunakan Metode
Deskriftif Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling yaitu Random
Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan
angket ( kuesioner) dan Interview ( Wawancara) kepada mahasiswa Jurusan pendidikan
Sejarah Stambuk 2013. Data yang terkumpul di peroleh melalui penyebaran kuesioner kepada
30 responden dan wawancara kepada 9 Mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah
statistik deskriftif, penulis menganalisis data yang telah terkumpul menggunakan tabel,
sehingga data yang terkumpul dapat mendeskrifsikan data sampel. Hasil penelitian yang
diperoleh adalah : Mahasiswa jurusan pendidikan sejarah stambuk 2013 dilihat dari
pengetahuan ( kognitif ), mengetahui bagaimana kehidupan Cut Nyak Din, latar belakang
keluarga, dan sampai Cut Nyak Din meninggal dunia. Dari segi nilai ( afektif ), mahasiswa
menilai sosok Cut Nyak Din dengan nilai yang positif. Dan dari segi sikap ( konasi ),
mahasiswa jurusan sejarah memiliki sikap yang kurang memiliki keinginan untuk berjuang
memperjuangkan Bangsa seperti Cut Nyak Din. Hal ini karena perjuangan Cut Nyak Din
berbeda dengan perjuangan generasi muda sekarang ini. Dari hasil wawancara mahasiswa
menganggap perjuangan yang bisa mereka lakukan saat ini adalah dengan belajar
bersungguh-sungguh agar bisa membahagiakan kedua orang tua mereka dan membanggakan
Bangsannya. Kesimpulan : Mahasiswa jurusan pendidikan sejarah stambuk 2013 dilihat dari
pengetahuan ( kognitif ) mengetahui mengetahui bagaimana perjuangan Cut Nyak Din
sebagai seorang wanita, mahasiswa menilai sosok Cut Nyak Din dengan nilai yang positif
dan dari segi sikap ( konasi ), mahasiswa jurusan sejarah memiliki sikap yang kurang
memiliki keinginan untuk berjuang memperjuangkan Bangsa seperti Cut Nyak Din. Hal ini
karena perjuangan Cut Nyak Din berbeda dengan perjuangan generasi muda sekarang ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 SJRH 046
Keywords: Persepsi Mahasiswa, Cut Nyak Din, Pendidikan Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:08
Last Modified: 14 Dec 2016 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item
View Item