PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173405 SOSORGONTING KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Silaban, Nurcahaya (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173405 SOSORGONTING KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Small Group Discussion dengan
tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan FPB dan
KPK.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dilakukan
selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD
Negeri 173405 Sosorgonting T.P. 2015/2016 dengan jumlah siswa 25 orang.
Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan tes.
Instrumen penelitian menggunakan tes objektif dalam bentuk essay.
Hasil penelitian diperoleh rata–rata nilai pada saat pretes sebesar 43,20
dan meningkat menjadi 53,20 pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II
meningkat menjadi 65,20. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat
ketuntasan belajar mencapai 40% yang berarti secara keseluruhan siswa belum
mencapai standar ketuntasan siswa. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
belajar siswa sebesar 88%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam mempelajari FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDNegeri 173405
Sosorgonting T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 240
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; KPK; FPK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:14
Last Modified: 17 Nov 2016 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item
View Item