HUBUNGAN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA TAHUN AKADEMIK 2004/2005

Zakiah (2005) HUBUNGAN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA TAHUN AKADEMIK 2004/2005. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 025020131 - Kata pengantar.pdf]
Preview
Text
025020131 - Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 025020131 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
025020131 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 025020131 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
025020131 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of 025020131 - Bab I.pdf]
Preview
Text
025020131 - Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 025020131 -Bab V.pdf]
Preview
Text
025020131 -Bab V.pdf - Published Version

Download (952kB) | Preview
[thumbnail of 025020131 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
025020131 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (a) sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan hasil belajar PAT, (b) kemandirian belajar dengan hasil belajar PAI, (c) sikap mahasiswa terhadap mata kuliah PAT dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PAT.Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa muslim Universitas Sumatera Utara (USU) dengan jumlah 380 orang. Sampel diambil secara proportional random sampling, dengan menggunakan rumus Cochran diperoleh ukuran sampel 76 orang. Variabei dalam penelitian ini adalah (a) sikap mahasiswa terhadap mata kuliah PAT diukur dengan tes skala sikap tentang mata kuliah PAL (b) kemandirian belajar diukur dengan kuesioner kemandirian belajar berskala Likert, dan (c) hasil belajar PAT diukur dengan tes hasil belajar mata kuliah PAL Hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa dari 40 butir tes skala sikap mahasiswa terhadap mata kuliah PAT, yang valid berjumlah 35, dan yang tidak valid 5 dengan reliabilitas r = 0,877. Hasil ujicoba 40 butir kuesioner kemandirian belajar, yang valid berjumlah 33 butir dan yang tidak valid 7 butir dengan nilai reliabilitas r = 0,848. Ujicoba 40 butir hasil belajar PAT, yang valid berjumlah 34 butir dan yang tidak valid 6 butir dengan nilai reliabilitas r = 0,863.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama ada hubungan yang positif antara sikap mahasiswa terhadap mata kuliah PAI (korelasi ry.1 = 0,413 teruji secara signifikan pada a = 5% untuk thitung= 3,90 > ttabel = 1,99). Besar sumbangan efektif terhadap hasil belajar PAI sebesar 12,61%; kedua, ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar PAI (korelasi ry.2 = 0,659 teruji secara signifikan pada a = 5% untuk thitung = 7,54 > ttabel = 1,99). Besar sumbangan efektif terhadap hasil belajar PAT sebesar 29,90%; ketiga, ada hubungan yang positif antara sikap mahasiswa terhadap mata kuliah PAT dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PAI (korelasi Ry12 = 0,725 teruji secara signifikan pada a = 5% di mana F(5%X2,73] = 40,36 > F(5%X2,73) = 3,12). Besar sumbangan efektif secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI sebesar 52,51%.Implikasi hasil penelitian ini adalah perlunya pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan kampus melalui peningkatan sikap terhadap mata kuliah PAI dan peningkatan kemandirian belajar melalui latihan menggunakan berbagai sumber informasi dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah, berpraktek di lapangan untuk menelaah secara langsung masalah yang dihadapi dan sekaligus mencari solusinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.8 Zak h
Keywords: Sikap Mahasiswa; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item
View Item