PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADAMATA PELAJARAN IPAWARGA BELAJAR PAKET A PKBMEMPHATY MEDAN SELAYANG

Gultom, Putri Sri Winda (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADAMATA PELAJARAN IPAWARGA BELAJAR PAKET A PKBMEMPHATY MEDAN SELAYANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 1123371029 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 1123371029 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 1123371029 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 1123371029 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (898kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1123371029ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1123371029ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1123371029 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1123371029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM. 1123371029DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1123371029DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1123371029DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1123371029DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1123371029DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1123371029DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1123371029BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1123371029BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1123371029 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1123371029 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1123371029 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1123371029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan WB dengan materi pelajaran IPA, media dan alat peraga yang di berikan tutor tidak professional, tutor kurang melibatkan WB selama proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar pada Warga belajar paket di PKBM EMPHATY Medan Selayang.
Teori yang digunakan dalam penelitin ini adalah teori tentang Pendekatan Kontekstual Menuruut Sanjaya (2006:225) “ Pendekatan Kontekstual adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan warga belajar secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong warga belajar untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka”. Teori tentang motivasi belajar Menurut Djaali (2006:101) “ mengemukakan bahwa motivasi adalah dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan (kebutuhan)”.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah 38 orang WB Paket A. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (Kuesioner). Dan teknik analisis datanya menggunakan rumus P = % (Dewi, 2010:188). Hasil penelitian dapat diperoleh dengan menunjukkan kondisi awal motivasi belajar yaitu sebesar 66 dengan kategori sebanyak 4 orang warga belajar (10,5%) tergolong kategori tinggi dan Siklus I menunjukkan bahwa skor motivasi belajar siswa sebesar 77 dengan kategori sebanyak 9 orang siswa (23,7%) tergolong kategori tinggi. Sedangkan akhir Siklus II menunjukkan skor motivasi belajar siswa sebesar 80 dengan sebanyak 32 orang siswa (84,2%) tergolong kategori tinggi. Maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan disbanding dari Siklus I dengan tingkat persentase tinggi sebesar 60,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PLS 025
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; IPA; Pendekatan Kontektual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Nov 2016 02:47
Last Modified: 14 Nov 2016 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item
View Item