MENINGKATKAN DISIPLIN SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-10 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016

Lumbantoruan, Vera Henny (2016) MENINGKATKAN DISIPLIN SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-10 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1113151043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1113151043 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1113151043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1113151043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1113151043 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1113151043 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1113151043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1113151043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1113151043 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1113151043 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1113151043 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1113151043 TABLES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1113151043 ILUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1113151043 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1113151043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1113151043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 1113151043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 1113151043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1113151043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1113151043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan memberikan
layanan bimbingan kelompok dapat Meningkatkan Disiplin Sekolah Melalui
Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 1
Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk
Meningkatkan Disiplin Sekolah Melalui Pemberian Layanan Bimbingan
Kelompok Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A
2015/2016.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain PTBK
(Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan dua siklus, yaitu siklus I dan
siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan
evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tekhnik wawancara, angket dan
observasi. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X-10 yang berjumlah 30
orang. Kemudian melalui instrument ditentukan subjek dari penelitian ini adalah
10 orang siswa. 7 orang siswa yang memiliki disiplin sekolah yang rendah,3 orang
siswa memiliki disiplin yang tinggi, sehingga didapat 10 orang siswa yang
menjadi subjek penelitian. Analisa data digunakan dengan tekhnik deskriptif
kualitatif dan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disiplin sekolah siswa sebelum
dan sesudah pemberian layanan. Subjek penelitian yang awalnya 7 orang siswa
yang memiliki disiplin sekolah yang rendah, 3 orang siswa memiliki disiplin yang
tinggi setelah diberikan layanan siswa menjadi memiliki disiplin sekolah yang
meningkat di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis
yang diajukan dapat diterima yaitu dengan melaksanakan layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan disiplin sekolah melalui Pemberian layanan
bimbingan kelompok pada siswa kelas X-10 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A
2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BK 074
Keywords: Bimbingan kelompok; Disiplin sekolah;Layanan Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:22
Last Modified: 10 Nov 2016 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21370

Actions (login required)

View Item
View Item