PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sari, Inong Rizki (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan
menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan
Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 354 orang.
Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi. Pengambilan
sampel dilakukan secara random dengan undian. Instrumen yang digunakan untuk
menjaring data adalah tes essai. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan model one group pre-test and post-test desaign. Dari pengelolahan data
diperoleh nilai rata-rata pre-tes = 62,83 kategori cukup , standar deviasi = 6,79,
dan standar error = 1,26 dan termasuk ke dalam 3 kategori yaitu termasuk kategori
baik sebanyak 0 siswa atau 0%, kategori cukup sebanyak 17 siswa atau 56,66%,
dan kategori kurang sebanyak 5 siswa atau 16,67%. Dari pengolahan data
diperoleh juga rata-rata post-test = 79,50 kategori baik, standart deviasi = 7,57,
dan standar error = 1,40 dan termasuk ke dalam 3 kategori yaitu termasuk kategori
sangat baik sebanyak 11 siswa atau 36,67%, kategori baik sebanyak 17 siswa atau
56,66%, kategori cukup sebanyak 2 siswa atau 6,67%, dan kategori kurang
sebanyak 0 siswa atau 0% Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan postest
dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas
dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7,58. Setelah
t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5%
sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat
diketahui t0 > ttabel, yaitu 7,58 > 2,04 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil)
ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.
Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran project
based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks prosedur
kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran
2014/2015

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: SK-2016 IND 188
Uncontrolled Keywords: Project based learning;Teks prosedur kompleks; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:48
Last Modified: 04 Nov 2016 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21140

Actions (login required)

View Item
View Item