PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADAMATERI TITRASI ASAM BASA

Sinuraya, Nurmeni (2016) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADAMATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123331037 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123331037 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123331037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123331037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123331037 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123331037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123331037 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123331037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123331037 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123331037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123331037 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123331037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123331037 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123331037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123331037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123331037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4123331037 BAB I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4123331037 BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123331037 BAB V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123331037 BAB V.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4123331037 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4123331037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil
belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning dan hasil belajar
siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvesional pada materi titrasi
asam basa dan apakah ada korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil
belajar siswa di kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X Kimia Analisa SMK N 3 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel
yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik random sampling (acak). Pada
kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model problem based learning
dan kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan menggunakan model
konvesional. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa. Instrumen yang
digunakan untuk data hasil belajar siswa adalah tes objektif sebanyak 20 soal yang
telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data hasil
belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua
kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data
menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 39,0
dan postest 81,8. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai
pretest 38,6 dan postest 67,2. Uji hipotesis pertama dilakukan dengan
menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 6,275;
ttabel = 1,6827 untuk α= 0,05 dan db = 46. Dengan demikian thitung > ttabel, maka H0
ditolak dan Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media handout lebih
tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvesional dengan menggunakan media handout pada materi titrasi asam basa.
Uji hipotesis kedua dengan menggunakan uji korelasi dan diperoleh koefisien
korelasi = 0,536 yang berarti ada korelasi yang cukup antara motivasi belajar
siswa terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 128
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Handout; Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 09:57
Last Modified: 21 Oct 2016 09:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item
View Item