PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015

Siagian, Rhodo Mauritz E. and Tampubolon, Togi (2015) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015. Jurnal INPAFI, 03 (04). pp. 141-147. ISSN 2337-4624

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas paralel sebanyak 245 orang. Dengan teknik cluster random sampHng terpilih kelas XI IA-1 sebagai kelas kontrol dan XI IA-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 40,48 dan kelas kontrol 42,58. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai rata-rata kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung<ttabel , maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,16 dan kelas kontrol 66, 13. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai rata-rata kedua kelas diperoleh thitung>ttabel dengan demikian maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.

Item Type: Article
Keywords: Peta pikiran; Problem solving; Fluida dinamis; Metode belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Q Science > QC Physics > QC801 Geophysics. Cosmic physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Oct 2016 09:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item