IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM

Sianipar, Derin Putri (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123131010 SAMPUL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123131010 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123131010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123131010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123131010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123131010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123131010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123131010 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4123131010 BAB 1.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4123131010 BAB 1.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123131010 BAB 5.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123131010 BAB 5.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4123131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4123131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123131010 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123131010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang terintegrasi media pada hasil belajar dan karakter siswa dalam materi hidrolisis garam. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa pada hidrolisis garam antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash. Dalam penelitian ini digunakan rancangan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil secara purposive sampling. Data yang dibutuhkan adalah data kuantitatif yang berupa data penilaian data hasil belajar dan karakter siswa. Untuk memperoleh data penilaian karakter siswa dilakukan dengan observasi, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar, maka peneliti menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk test objektif menggunakan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil uji validasi, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda dan distruktor instrumen tes, maka dari 40 soal sebanyak 21 soal memenuhi syarat tetapi hanya 20 soal yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dalam materi hidrolisis garam antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash. Data yang diperoleh Fhitung > Ftabel (13,37 > 3,10) dan sig(0,00) < α(0,05). Dengan rata-rata nilai 70,16 (Eksperimen 3), 69,83 (Eksperimen 2) dan 57,83 (Eksperimen 1) atau dapat dikatakan Macromedia Flash > PPT > Peta Konsep. Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terintegrasi media dapat menumbuhkembangkan karakter rasa ingin tahu, kerjasama, dan tanggung jawab siswa. Persen peningkatan hasil belajar untuk ketiga kelas dari hasil persen gain yakni Peta Konsep = 43,00%, Powerpoint = 56,27% dan Macromedia Flash = 61,32%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 143
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD; Macromedia Flash;Powerpoint; Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 03:43
Last Modified: 21 Oct 2016 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20750

Actions (login required)

View Item
View Item