KARAKTERISTIK DALAM PARADIGMA PENELITIAN KUALITATIF

Emosda (2007) KARAKTERISTIK DALAM PARADIGMA PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Tabularasa, 04 (01). pp. 87-96. ISSN 1693-7732

[thumbnail of TABULARASA VOL 04 NO1 JUNI 2007Emosda.pdf]
Preview
Text
TABULARASA VOL 04 NO1 JUNI 2007Emosda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks menemukan kebenaran ilmiah rumpun sosial termasuk rumpun pendidikan telah dikembangkan paradigma penelitian kualitatif. Paradigma ini sangat berbeda dengan paradigma sebelumnya yang dikenal dengan paradigma kuantitatif. Dalam paradigma kualitatif tidak dikenal data sekunder dan data primer, walaupun kedua paradigma ini mengenal data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Untuk mendukung keilmiahan paradigma penelitian kualitatif ada aksioma-aksioma yang mendasari pelaksanaan penelitian kualitatif. Aksioma-aksioma itu berkaitan dengan hakikat kenyataan, hubungan peneliti dan sumber data, kemungkinan generalisasi, kemungkinan hubungan kausal, dan peran nilai dala penelitian. Selain daripada itu, ada 10 karakteristik paradigma penelitian kualitatif yang membedakan dengan penelitian kuantitatif. Kesepuluh karakteristik itu terdiri atas (1) Latar ilmiah (2)Sampel terpilih (3)Manusia sebagai instrumen (4)Metode kualitatif (5) Analisis data secara induktif dan reduktif (6)Membangun teori dari dasar (7)Penelitian proses (8)Btas ditentukan oleh fokus (10)Desain bersifat sementara. Karakteristik ini memperlihatkan batas-batas untuk paradigma penelitian kualitatif yang membedakan dengan penelitian kuantitatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakteristik;paradigma; aksioman; penelitian kualitatif
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Mar 2016 08:34
Last Modified: 30 Mar 2016 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item