PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA DHARMA BAKTI TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sihombing, Mentari Ramayanti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA DHARMA BAKTI TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141036 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141036 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 71231410536 PREFACE.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141036 TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Bakti Tanah Jawa dengan populasi jumlah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa sebanyak 50 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Yang masing-masing kelas berjumlah 25 orang untuk kelas eksperimen dan 25 orang untuk kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah diujicobakan di sekolah yang berbeda diluar sampel yang berbeda untuk melihat val;iditas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil uji statistic menunjukkan rata-rata hasil belajar pre test di kelas eksperimen adalah sebesar 60,4, sedangkan hasil belajar dikelas control adalah sebesar 61,2. Dan rata-rata pos test kelas eksperimen sebesar 86,6. Sedangkan nilai rata-rata pos test kelas control sebesar 73,8. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistic uji – t dengan taraf nyata α = 0.05 dan dk = n1 + n2 - 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95 % maka t tabel = 1,67722. Dari perhitungan hipotesis diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 6,208972 > 1,67722, dengan kata lain hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa T.P 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032011
Call Number: SK-2016 EKO 105
Keywords: Picture and Picture; Metode Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 07:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20319

Actions (login required)

View Item View Item