PERAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK (Studi Kasus Badan Narkotika Nasional Sumatera Utara)

Rumabutar, Gembira (2016) PERAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK (Studi Kasus Badan Narkotika Nasional Sumatera Utara). ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan anak menggunakan Narkotika, (2) Untuk mengetahui peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam menanggulangi penyalahgunaan Narkotika oleh anak dan (3) Untuk mengetahui faktor penghambat BNN dalam menanggulangi penyalahgunaan Narkotika terhadap anak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Lokasi Penelitian dilaksanakan di Badan Narkotika Nasional (BNN) yang terletak di Jln Williem Iskandar Pasar V Barat No. IA Medan Estate. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang staf yang ada di BNNP Sumatera Utara. Adapun sampel dari penelitian ini adalah staf bidang penyuluhan, bidang rehabilitasi, bidang pencegahan.
Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Studi dokumentasi, Selanjutnya, Tehnik Analisis data adalah diperoleh melalui hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain.
Dari hasil penelitian yang didapat bahwa anak yang menggunakan narkotika setiap tahunnya meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan diantaranya adalah faktor individu, pengaruh lingkungan, ketersediaan zat, dasar agama yang tidak kuat, sosial budaya. BNNP dalam melaksanakan perannya sebagai badan penanggulangan penyalahgunaan narkotika membuat beberapa program untuk dapat mengurangi peyalahgunaan narkotika tersebut. Dan dalam perjalanan program tersebut ada hambatan-hambatan yang dihadapi. Meskipun demikian, BNNP Sumatera Utara selalu berusaha untuk dapat mengurangi penyalahgunaan narkotika tersebut

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: SK-2016 PKN 083
Uncontrolled Keywords: Hukum; Narkotika; Anak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:49
Last Modified: 03 Oct 2016 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item
View Item