ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 12 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016

Lesatari, Ika Ayu (2016) ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 12 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3121131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3121131004 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3121131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3121131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3121131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3121131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3121131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3121131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3121131004 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3121131004 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3121131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3121131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3121131004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3121131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3121131004 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3121131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3121131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3121131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3121131004 CHAPTER VI.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3121131004 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 3121131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 3121131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru IPS dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Binjai.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Binjai dengan jumlah populasi sebanyak 8 orang dan sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung melalui wawancara dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS Terpadu yaitu dalam menjabarkan materi dan menyesuaikan sumber belajar dalam mengajarkan IPS Terpadu. Dilihat dari pengalaman mengajar bahwa hampir semua guru IPS di SMP Negeri 12 Binjai mengalami kendala dalam mengajarkan IPS Terpadu. Setiap kendala tersebut tidak hanya dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya sedikit, tetapi juga dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya lebih lama. Latar belakang pendidikan ternyata sangat mempengaruhi kegiatan mengembangkan pembelajaran, karena guru dengan latar belakang pendidikan geografi, ekonomi dan sejarah hampir (100%) mengalami kendala pada materi-materi pelajaran yang bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru-guru tersebut.
Pada penilaian APKG I hanya 37,5% (3 guru) yang sesuai dengan desain RPP IPS Terpadu yaitu guru yang berlatar belakang pendidikan Geografi dan Ekonomi. Pada penilaian APKG II ada 3 (62,5%) guru yang termasuk kedalam kategori cukup dan 2 (25%) termasuk kedalam kategori kurang dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dan ada 12,5% (1 guru) yang tergolong baik yaitu guru yang berlatar belakang pendidikan Geografi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 GEO 075
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran;Mengajar;Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Sep 2016 03:25
Last Modified: 30 Sep 2016 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20190

Actions (login required)

View Item
View Item