PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP

Dewi, Izwita and Saragih, Sahat and Karnasih, Ida and Surya, Edy (2000) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP. Research Report. FMIPA Unimed.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu modal pembelajaran kooperatif dengan menggunakan peta konsep sebagai usaha untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar stuktur aljabar mahasiswa. Beberapa pertanyaan yamg akan dijawab dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana mendisain aktivitas pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kooperatif dalam mata kuliah struktur aljabar dengan menggunakan peta konsep melalui tindakan kelas ? (2) bagaimana prestasi belajar mahasiswa setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan modal pendekatan pembelajaran kooperatif dalam mata kuliah struktur aljabar dengan menggunakan peta konsep ?Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research ) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I, pengelompokan mahasiswa dilakukan secara acak, sedangkan pada siklus II, pengelompokan dilakukan berdasarkan keheterogenan kemampuan mahasiswa (berdasarkan indeks prestasi kumulatif ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S-1 pendidikan matematika angkatan 1997-1998 yang terdiri dari dua kelas, dan diambil satu kelas secara acak sebagai sampel.Dalam mendisain aktivitas pembelajaran ada tujuh tahapan yang dilaksanakan Langkah- langkah tahapnya adalah sebagai berikut .1. Pemberitahuan informasi tentang aktivitas yang akan dilakukan.2. Pemberitahuan hand out 3. Pembentukan kelompok berdasarkan keheterogenan kemampuan dan jenis kelaminnya anggota kelompok.4. Melakukan tugas mandiri membentuk peta konsep5. Melaksanakan tugas kelompok membuat peta konsep dan memecahkan masalah (mengerjakan soal-soal yang diberikan )6. Diskusi kelas tentang peta konsep yang telah dibuat secara kelompok atau menyelesaikan soal-soal secara bergantian 7. Pemberian umpan balik Aktivitas pembelajaran mata kuliah struktur aljabar menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan peta konsep dengan pengelompokan anggota kelompok berdasarkan keheterogenan kemampuan dan jenis kelamin menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembentukan kelompok secara acak.hal ini dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata atau persentase penguasaan materi mahasiswa dari setiap kegiatan tindakan pada siklus I dan siklus II yang relaktif menunjukan adanya kenaikkan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Classroom action research; Pembelajaran kooperatif; Kurikulum; Aljabar; Pengajaran; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item View Item