UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS PENGUNGKAPAN KESULITAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 060857 MEDAN

Fauzi, Kms Muhammad Amin and Ahyaningsih, Faiz and Nasution, Hamidah and Surya, Edy and Syafari (2005) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS PENGUNGKAPAN KESULITAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 060857 MEDAN. Project Report. FMIPA Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan dilapangan bahwa hasil belajar matematika siswa masih Jauh dari harapan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kesulitan belajar siswa.Oleh karena itu TIM peneliti mencoba menerapkan pembelajaran matematika realistic pokok bahasan pembagian berbasis pengungkapan kesulitan belajar siswa. Peneliti memilih pokok bahasan pembagian di SDN 060857 karena materi ini masih menetapkan materi yang sangat sulit terutama konsep pecahannya. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk : mengetahui apakah hasil belajar siswa dan aktivitas belajar yang mengikuti pembelajaran matematika realistic berbasis pengungkapan kesulitan belajar siswa ada peningkatan serta keefektifan model pembelajaran ini. Penelitian ini jenis penelitian deskriptif, hasil penelitian berupa pemaparan secara analisis deskriptif. Sampelnya siswa SDN 060857 Medan, kelas IV sebanyak satu kelas. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik. Deskriptif Berdasarkan hasil analisis statistik Deskriptif, hasilnya sebagai berikut : prestasi belajar siswa meningkat dan aktivitas belajar semakin baik. Disamping itu (1) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran efektif,(2) respon siswa terhadap pembelajaran positif, (3) ketuntasan belajar siswa secara klasikaltuntas, (4) pencapaian TPK tercapai. Berdasarkan dati (1) sampai dengan (4) diatas disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pembagian di kelas IV dikategorikan efektif. Proses pengajuan soal siswa belum tertata dengan baik kalimat yang disusun siswa masih dalam bentuk bahasa sehari-hari yang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik, namun arah pembuatan soal sudah mengarah apa yang dimaksud.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 370.7 Fau u
Uncontrolled Keywords: Matematika realistik; Metode mengajar; Problem posing; Lembar kerja siswa terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 03 Feb 2017 09:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19859

Actions (login required)

View Item
View Item