PROSES BERPIKIR INTUITIF SISWA SMP 6 MEDAN

Syahputra, Hermawan and Mansyur, Abil and Mulyono and Indra, Zulfahmi and Iskandar, Said (2005) PROSES BERPIKIR INTUITIF SISWA SMP 6 MEDAN. Project Report. FMIPA Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan tingkat berpikir intuitif siswaSMA 6 Medan, 2) Mendeskripsikan hubungan berpikir intuitif siswa dengan hasilbelajar matematika siswa SMP 6 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 6 Medan dengan populasi seluruh siswa SMP 6 Medan, dan sample diambil secara acak kelas VII-6 sebanyak 38 orang dari 24 kelas yang terdiri dari 8 kelas masing-masing kelas 1, 2 dan 3. Jenis data dalam penelitian ini adalah berupa hasil belajar berupa nilai fonnatif yang diambil dari dokumen guru matematika kelas sample, dan skor tes intuitif siswa. lnstrumen penelitian adalah dokumentasi dan lembar tes intuitif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik korelasional. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Tingkat proses berpikir intuitif siswa kelas VIISMP 6 Medan adalah termasuk kategori sedang, 2) Hubungan antara berpikir intuitifsiswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP 6 Medan adalah adalah positif dan nyata. Sedemikian sehingga disarankan 1) dalam pembelajaran matematika, guru perlu melihat tingkat berpikir intuitif siswa untuk dapat dijadikan dasar peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar matematika, 2) Guru matematika dan para pengembang pembelajaran matematika perlu untuk mencari suatu cara bagaimana agar tingkat berpikir intuitif siswa dapat ditingkatkan, 3) Kiranya hasil penelitian ini dapat menjadi infonnasi yang baik bagi para peneliti lanjutan untuk mengadakan penelitian yang berkapasitas lebih luas demi meningkatkan prestasi belajar matematika siswa di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 370.7 Sya p
Uncontrolled Keywords: Intuitif; Belajar; Model pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 06 Feb 2017 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item
View Item