PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPS TERPADU SMP BERBASIS LESSON STUDY DAN BERORIENTASI SOFT SKILL DI KOTA MEDAN

Darma, Jufri and Thamrin and Riza, Mica Siar Mei (2011) PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPS TERPADU SMP BERBASIS LESSON STUDY DAN BERORIENTASI SOFT SKILL DI KOTA MEDAN. Project Report. FE Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran memerlukan berbagai upaya untuk mewujudkannya. Upaya tersebut terkait dengan berbagai komponen yang terlibat dalam pembelajaran yaitu guru, siswa, materi, media, iklim dan situasi pembelajaran, serta sistem pembelajaran yang diterapkan.
Model pembelajaran yang disarankan adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning/PBL) adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru. Model pembelajaran ini pada dasarnya mengacu kepada pembelajaran-pembelajaran mutakhir lainnya seperti pembelajaran berdasar proyek (project based instruction), pembelajaran berdasarkan pengalaman (experienced based instruction), pembelajaran autentik (authentic instruction), dan pembelajaran bermakna.
Dalam pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), pemecahan masalah didefinisikan sebagai proses atau upaya untuk mendapatkan suatu penyelesaian tugas atau situasi yang benar-benar nyata sebagai masalah dengan menggunakan aturan-aturan yang sudah diketahui. Jadi, Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) lebih memfokuskan pada masalah kehidupan nyata yang bermakna bagi siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 371 Dar p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Ilmu sosial; Lesson study; Kompetensi; Soft skills; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 16 Jan 2017 05:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item
View Item