MEMBUKTIKAN TEOREMA PADA TEORI GRAPH BERBASIS PENGAJUAN MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BERFIKIR MAHASISWA

Mulyono and Hia, Yasifati and Haris, Said Iskandar and Indra, Zulfahmi and Nasution, Hamidah (2008) MEMBUKTIKAN TEOREMA PADA TEORI GRAPH BERBASIS PENGAJUAN MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BERFIKIR MAHASISWA. Project Report. FMIPA Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peneltiian ini dilatarbelakangi kenyataan dilapangan bahwa hasil belajar mahasiswa FMIPA matematika masih Jauh dari harapan, terutama dalam mata Matematika diskrit khususnya pembuktian teorema. Salah Satu penyebabnya kurang dilatihnya berpikir kreatif. Oleh karena itu TIM peneliti mencoba menerapkan pembelajaran Problem Posing melalui pembelajaran Action Research dengan siklus empat kali pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistik Deskriptif, hasilnya sebagai berikut :Perubahan prestasi belajar mahasiswa dari pertemuan 1 dan 2 pada siklus I dan pertemuan 3 dan 4 pada siklus II mengalami peningkatan, kecuali yang terjadi pada kelompok 7 pada tes ke 3 nilai rata-rata X = 71 dan tes ke 4 nilai rata – rata X = 71 dengan demikian belum mengalami peningkatan (tetap). Pada pertemuan I siklus I pembelajaran menggunakan Problem Posing-LKMT secara individual nilai rata – rata mahasiswa setiap kelompok belum baik, hal ini diduga mahasiswa belum siap dan baru mengenal metode ini, namun pada pertemuan ke 2 nilai rata – rata mahasiswa mengalami peningkatan. Sedangkan pada pertemuan ke 3 dan ke 4 pada siklus II secara berkelompok nilai rata – rata mahasiswa sudah cukup baik diatas 70. Tetapi secara individual ada nilai mahasiswa belum mengalami peningkatan secara terus menerus, misalnya responden no. 2 Tes 1 nilai X = 72, tes 2 nilai X = 69, tes 3 nilai X = 76 dan tes 4 nilai X = 78. Partisipasi dan motivasi mahasiswa dalam belajar menggunakan Problem Posing-LKMT mengalami keantusiasan yang tinggi, lebih-lebih saat negosiasi muncul pertanyaan dan tanggapan untuk mencari jawaban yang paling benar dan yang lebih baik. Pandangan dosen atau peneliti sendiri dalam menerapkan metode Problem Posing-LKMT ini perlu dikembangkan lebih lanjut karena metode ini dapat melatih berpikir kreatif mahasiswa yang dibutuhkan dalam pembuktian teorema untuk setiap mata kuliah yang relevan dan juga masalah umum yang dihadapi. Secara keseluruhan mahasiswa dalam membuat tugas pengajuan pertanyaan dan membuktikan teorema sudah cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan bagi mahasiswa kebaharuan pembuktian dan alur algoritmanya terus dilatih dengan baik. Untuk lebih meningkatkan berpikir kreatif mahasiswa dalam kebaharua pembuktian teorema, pembelajaran dengan pengajuan masalah ini terus dilakukan, hendaknya mahasiswa dilatih secara kontinu oleh Dosen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 511.5 Mul m
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif; Problem posing; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 01 Nov 2016 10:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item
View Item