ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI DI FAKULTAS EKONOMI (STUDI KASUS KOTA MEDAN)

Sembiring, Hermansyah and Nasirwan, (2008) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI DI FAKULTAS EKONOMI (STUDI KASUS KOTA MEDAN). Research Report. FE Unimed, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Masalah proses pembelajaran dalam matakuliah Akuntansi Pengantar adalah model pembelajaran belum banyak perubahan model pengajaran masih bersifat tradisional yang berorientasi kepada peran dosen. Peran mahasiswa hampir tidak ditentukan, mahasiswa, bersikap pasif dan menunggu materi belajar dari dosen Tujuan penelitian ini menganalisa model apa saja yang dipergunakan dosen pengasuh pembelajaran Akuntansi Pengantar, melihat peluang dan tantangan dalam penerapan model pembelajaran, dan model yang paling baik. Hasil analisa penelitian menunnjukkan bahwa, pertama Model Tradisional masih mendominasi digunakan proses pembelajaran akuntansi sebesar 44 responden, dan model Learning Together menduduki urutan kedua sebesar 20 responden, Students Teams Achievement Divisions sebesar 8 responden. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebesar 7 responden, dan model Concep Taeching Learning (CTL) dan Jigsaw berada ke lima dan keenam atau 2 dan I responden. Untuk model Teams Games-Tournament (TGT) dan Team Assited Individualization (TAI) belum digunakan. Kedua hasil penelitian ini menunjukan hambatan dalam penerapan model pembelajaran berupa waktu, dan kualitas mahasiswa, dan tantangannya berupa sebenar sangat berluang menggunakan model komveratif bila dosen mau melakukan. Ketiga hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran yang dipilih responden, Learning Together sebesar 28 responden, tradisional 20 responden, disusul model Cooperative Integrated Reading and Composition masing-masing 1 responden. Model komparatif yang lain tidak dipilih mungkin karena tidak paham.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 657.01 Sem a
Keywords: Model pembelajaran; Cooperative learning; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19729

Actions (login required)

View Item View Item