PENGARUH SUASANA AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ASING MAHASISWA JURUSAN BAHASA ASING FBS UNIMED

Ghofur, Abd and Zulherman, (2008) PENGARUH SUASANA AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ASING MAHASISWA JURUSAN BAHASA ASING FBS UNIMED. Research Report. FBS Unimed, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara suasanaakademik terhadap prestasi belajar bahasa mahasiswa Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed tahun 2008. Populasi penelitian adalah seluruh dosen di Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed Sampel penelitian ini adalah 17 orang dosen yang mengajar matakuliah kebahasaan pada semester genap tahun akademik 2007/2008, Instrument yang digunakan adalahangket skala likert untuk mengetahui skor suasana akademik dan DPNA matakuliahkebahasaan semester genap tahun akademik 2007/2008 untuk mengetahui skor prestasi belajar kebahasaan mahasiswa.Digunakan teknik analisis korelasi sederhana dan analisis regresi untuk menguji hipotesis. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara suasana akadernik terhadap prestasi belajar bahasa mahaasiswa Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed. Maksudnya., semakin baik suasana akademik. semakin tinggi Pula prestasi belajar bahasa asing mahasiswa.Hasil uji korelasi bivariat menunjukkan terdapat pengaruh positif antara suasana akademik terhadap Prestasi Belajar Bahasa Mahasiswa Jurusan Bahasa Asing FBS UNIMED ( r =0,821), Persamaan regresi y=0,316+0,45x, persamaan regresi tersebutmenunjukkan bahwa setiap kenaikan I skor suasana akademik (x) akan menyebabkan kenaikan 0,45 indeks prestasi mahasiswa pada konstanta 0,316. Untuk t tabel dua sisi diperoleh angka 1,75. Oleh karena t hitung > t tabel (5,573 > 1,75), maka Ho ditolak. Artinya suasana akademik benar - benar berpengaruh secara signifikan terhadap indeks prestasi belajar bahasa rnahasiswa.Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa indeks prestasi belajar bahasa mahasiswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan kualitas suasana akademik.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 407 Gho p
Keywords: Suasana akademik; Prestasi belajar; Pembelajaran bermakna; Pembelajaran bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item View Item