PROFIL KELAS MENENGAH DAN PERANANNYA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

Maipita, Indra and Hermawan, Wawan and Fitrawaty (2015) PROFIL KELAS MENENGAH DAN PERANANNYA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. Project Report. FE Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview

Abstract

Perekonomian selama ini telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif dan ada di kisaran 5-6 persen, telah menunjukkan perannya dalam meningkatkan pendapatan per kapita sebagai indikator kesejahteraan sebuah perekonomian. Selama kurun waktu tahun 2000 sampai dengan tahun 2012, telah terjadi dua krisis ekonomi global yang berawal di Amerika Serikat yang berdampak menurunkan perekonomian global. Indonesia sebagai sebuah negara dengan perekonomian terbuka, tentunya terkena dampak dari krisis global tersebut, tetapi tidak separah krisis yang dialami pada tahun 1998. Pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan hanya terkoreksi sedikit dan kembali tumbuh secara mengesankan.
Berdasarkan fenomena di atas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) memetakan profil masyarakat ekonomi kelas menengah di Indonesia, (2) meneliti bagaimana pengaruh kelas menengah terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan (3) meneliti bagaimana pengaruh peningkatan pendapatan/pengeluaran kelas menengah terhadap pertumbuhan sektor keonomi/industri di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Forecasting; Kelas menengah; Pendapatan; Pertumbuhan ekonomi; Sektor Ekonomi; Konsumsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD72 Economic growth, development, planning
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Sep 2016 10:34
Last Modified: 20 Sep 2016 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19567

Actions (login required)

View Item
View Item